Monday, December 15, 2014

Tahu Tentang Alergi Pada Anak dan Cara Mengatasinya.

Jam menunjukkan pukul 9 pagi tepat, ruang pertemuan di lantai 5 Rumah Sakit Mitra Keluarga bekasi timur sudah mulai di padati para orang tua yang ingin nambah ilmu tentang alergi pada anak dan bagaimana antisipasinya, termasuk saya, yang rela mengantri saat registrasi di awal-awal acara demi mendapat posisi yang enak buat ngedengerin penjelasan pakar di bidang alergi.

Sabtu ini tanggal 13 Desember 2014, RSMK Bekasi timur bekerja sama dengan Morinaga, produsen rangkaian susu formula yang beberapa produknya di khususkan untuk anak dengan riwayat atau resiko alergi menyelenggarakan event talkshow untuk awam dengan tajuk

                              Pastikan Alergi Tidak Menghambat Potensi si Kecil.

Acara di buka oleh Mbak MC yang cantik dan berkulit putih bersih, perawatan kali yee…

“Morinaga untuk generasi platinum” seru Mbak Mc yang cantik itu, yang saya lupa nanya namanya, mulai mencairkan suasana dengan slogan yang menjdi ikonik Morinaga, dan setelah sedikit bersay hello acara pun resmi di buka.

dr Ardita P. Sp A memberikan penjelasan tentang alergi pada anak.


Pembicara pertama adalah dr. Ardita P .Sp A ,yaitu salah satu dokter yang juga berpraktek di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi timur, Dokter cantik ini menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan alergi pada anak, secara garis besar alergi bisa di sebabkan oleh:

Faktor Internal
Beberapa yang meliputi faktor ini adalah genetic, jadi anak dengan orang tua yang berkecenderungan mengalami alergi maka kemungkinan besar sianak ini juga mengalami alergi juga, pun bila saudara si anak ini mengalami alergi maka sianak juga akan mungkin terjangkiti alergi, untuk lebih jelasnya seperti ini
Ayah alergi   +  Ibu alergi   -----  Anak 50 – 80 % alergi
Ayah alergi   +   Ibu tidak   -----  Anak 20 – 40 % alergi

Faktor Eksternal
Yang mempengaruhi anak terkena alergi bisa berasal dari luar seperti makanan dan lingkungan, seperti anak yang alergi dengan serbuk bunga atau debu.
Beberapa makanan yang kerap menimbulkan alergi diantaranya : telur, kacang-kacangan, seafood, terigu, dan susu sapi.
Anak dengan alergi bukanlah anak dengan satu penyakit jadi tidak ada upaya penyembuhannya hanya perlu menghindari makanan dan kondisi pencetus alergi agar anak tidak terjangkiti.

Beberapa gejala saat anak mengalami alergi:
  1.       Pada pencernaan , BAB mencret atau berlendir.
  2. .     Dermatitis atopi atau ruam kulit.
  3.       Pada penafasan, atau sesak dan suara grook-grook saat anak bernafas atau tidur.


Setelah penjelasan yang panjang lebar dan sangat mengena oleh Dokter cantik ini, acara di lanjutkan dengan sesi Tanya jawab, langsung aja peserta yang mayoritas Ibu-ibu langsung angkat tangan untuk memberikan pertanyaan, itung-itung konsul gratis hehe

Dari beberapa pertanyaan kebanyakan menanyakan apa yang harus dilakukan bila terdeteksi anak mengidap alergi, usia berapa anak bisa terjangkit alergi, adakah tes khusus untuk mengetahui anak m engidap alergi .

Dokter cantik ini menjawab satu persatu dengan sabar dan jelas, padahal yang nanya lumayan bejibun, dan semua peserta merasa puas dengan semua jawaban Dokter ini, termasuk saya.

Salah satu dari sekian banyak peserta yang memberikan pertanyaan.



Setelah sesi tanya jawab dengan Dokter selesai, acara melangkah ke tahap selanjutnya , kali ini giliran Mbak Kiki dari Morinaga yang memberikan penjelasan tentang solusi yang di kembangkan oleh Morinaga untuk mengatasi kebutuhan gizi anak dengan risiko alergi, yaitu Allergy Total Solution , inovasi dari morinaga untuk pemenuhan nutrisi anak dengan alergi susu sapi.

Beberapa produk yang di tawarkan Morinaga untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan alergi susu sapi :

Chil Kid P-HP (Protein Hidrolisat Partial )
susu formula dengan protein susu sapi yang mudah di cerna sehingga menurunkan risiko alergi pada si kecil, di lengkapi dengan berbagai macam nutrisi dan simbiotik probiotik dan prebiotik untuk pencernaan yang sehat.
Chil Kid P-HP ini untuk anak dengan risiko alergi, dan khusus untuk anak usia 1 - 3 tahun.

Chil Kid Soya dan Chil School Soya
Susu formula dengan seratus persen protein soya atau kedelai dengan penambahan Kolin, AAL, dan AL untuk kecerdasan multi talenta, juga dilengkapi dengan kombinasi Probiotik BB536 dan M-16V serta prebiotik FOS yang sangat di butuhkan oleh pencernaan si kecil.

Probiotik di kedua produk diatas merupakan hasil penelitian di Morinaga Nutrition Research Jepang yang itu artinya kualitas dan komitmen produk sangat di jaga ketat.



Mbak Kiki dari Morinaga yang menjelaskan tentang Alergy total Solution dari Morinaga.


Jadi dengan kata lain tidak alasan untuk para orang tua untuk merasa khawatir kalau anaknya tidak tercukupi gizinya meskipun si anak alergi susu sapi, karena ada berbagai cara mengatasi alergi pada anak.

Penjelasan tentang produk Morinaga ini di akhiri dengan kuis untuk para peserta dan akan ada hadiah yang di sediakan buat penjawab yang beruntung, walah kontan saja suasana langsung riuh, maklum Ibu-ibu kalau urusan hadiah ga ada matinyaaa...

Peserta yang beruntung menjawab kuis, ada saya juga lho...


Daaan... tak hanya kuis dengan hadiah yang lumayan ini, juga ada door prize yang sudah siap di bagikan ke semua peserta yang hadir, satu buah hape pintar merek Samsung menjadi hadiah puncak di cara yang keren ini, mulailah para peserta komat- kamit ngarep hadiah menclok di tasnya masing-masing.

Hadiah yang di sediakan untuk para peserta .


Secara keseluruhan acara ini keren banget, selain banyak ilmu yang di dapat, hadiahnya juga enggak kalah banyaknya, memanjakan peserta.

Semoga di lain waktu Morinaga berkenan mampir lagi ke Bekasi dan mengadakan lagi acara yang sangat mengedukasi ini.

Kids area yang di sediakan di event ini.

Tak lupa berbelanja Produk Morinaga dengan harga dan hadiah khusus



a

3 comments:

  1. Wow, acaranya seru, hadiahnya banyak pula ya, Mba. Yang pasti, ilmunya itu, jadi lebih banyak tau tentang alergi deh. Keren! TFS yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget mbak,,, thanks yah dah mampir :)

      Delete
  2. Maaf mbak,saya tertarik sama hadiah morinaganya,tas chila chilo itu,di moll2bsudah khabisan,apakah saya msh bsa mendapatkan nya,mohon konfirmasinya k email saya,terimakasih.

    ReplyDelete